Saturday, August 20, 2016

PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)




Peningkatan emisi gas CO2 telah menciptakan dampak pemanasan global yang dapat dirasakan oleh semua orang di dunia. Fenomena ini juga telah menjadi isu yang selalu dibahas hingga saat ini. Salah satu sumber dari emisi gas CO2 berasal dari sisa-sisa pembakaran bahan bakar fosil dalam setiap kegiatan manusia sehari-hari (Aizebeokhai, 2009) seperti  penggunaan kendaraan bermotor, mesin-mesin industri, pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil, dan lain-lain. Peningkatan emisi gas CO2 juga tidak lepas dari semakin meningkatnya kebutuhan manusia terhadap penggunaan bahan bakar fosil.

Pemanasan global adalah sebuah kondisi dimana meningkatnya suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh emisi gas-gas (CO2, O3, CH4, N2O, CFC, dan lain-lain) yang dilepas ke atmosfer sehingga menyebabkan timbulnya efek rumah kaca. Gas-gas tersebut menahan cahaya matahari yang akan keluar dari atmosfer setelah terpantul ke bumi (Bozdoğan, 2009). Menurut Manik dalam Latuconsina (2010), emisi CO2 terutama berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara). Sedangkan sumber emisi NOx dan CH4 terutama bersal dari bahan bakar fosil dan pembakaran bahan organik. Sementara itu CFC merupakan zat kimia ciptaan manusia yang banyak digunakan sebagai zat pendingin dalam kulkas dan AC, industri plastik busa, gas pendorong pada kemasan aerosol (pewangi, hairspray, pembersih kaca dan lainnya) yang berperan terhadap penipisan lapisan Ozon pada atmosfer bumi.
Emisi gas rumah kaca lebih banyak dihasilkan dari aktivitas manusia yang menggunakan bahan bakar fosil berupa minyak bumi, batu bara dan gas alam dalam bentuk asap dari knalpot kendaraan bermotor dan buangan gas dari cerobong asap pabrik. Kebakaran hutan juga berkontribusi besar bagi pelepasan emisi CO2 ke atmosfer, sementara itu penggundulan hutan menjadi penyebab berkurangnya penyerapan CO2 oleh vegetasi  (Latuconsina, 2010).




Referensi :



Aizebeokhai, A. P. 2009. Global Warming and Climate Change : Realities Uncertainties and Measures. International Journal of Physical Sciences. Vol 4 (13) : 868-879. ISSN 1992-1950.

Bozdoğan, A. E. 2009. An Investigation on Turkish Prospective Primary School Theachers’ Perception about Global Warming. World Applied Science Journal. IDOSI Publications. Vol 7 (1) : 43-48. ISSN 1818-4952.  

Latuconsina, H. 2010. Dampak Pemanasan Global Terhadap Ekosistem Pesisir dan Lautan. Agrikan : Jurnal Ilmiah Agribisnis Perikanan. Vol 3 : 30-37.  


No comments:

Post a Comment