Sunday, August 21, 2016

DEFINIS MANGROVE

Mangrove merupakan tumbuhan khas yang dapat ditemui pada daerah pasang surut yang bersusun untuk melindungi garis pantai pada daerah tropis dan subtropis. Mangrove juga disebut sebagai hutan pesisir, mangals, hutan pasang surut dan hutan mangrove (Saengar, 2002). Selain itu, ekosistem mangrove adalah penguhubung antara ekosistem laut dan ekosistem darat dan menjadi tempat hidup bagi lebih dari 1.300 spesies hewan dan menjadi salah satu ekosistem paling produktif (Fatoyinbo  et al., 2008).
Mangrove dapat dijumpai hampir di seluruh daerah tropis karena mangrove menempati  hampir  di semua kawasan pesisir kecuali pada daerah lahan terbuka atau daerah pantai yang sangat berbatu. Di sekitar daerah  muara sungai yang terlindung dan laguna, biasanya mangrove dapat dijumpai dalam area yang luas bahkan membentuk komunitas tanaman mangrove (mangal) hingga beberapa kilometer luasnya dan bertahap-tahap ke arah daratan beralih  kepada tumbuhan terrestrial (Tomlinson, 2004).

Mangrove adalah tanaman yang toleran terhadap garam yang hidup di daerah pasang surut (Fatoyinbo et al., 2008). Mangrove secara alami dilengkapi dengan mekanisme khusus yang memungkinkannya untuk mengambil air asin dalam konsentrasi yang berbeda, mengekstraksi molekul air, dan mengeluarkan garam melalui daun (Howari et al., 2009).

Referensi :

Fatoyinbo, T. E., M. Simard, R. A. W. Allen, dan H. H. Shugart. 2008. Landscape-scale Extent, Height, Biomass, and Carbon Estimation of Mozambique’s Mangrove Forests with Landsat ETM+ and Shuttle Radar Topography Mission Elevation Data. Journal of Geophysical Research. Vol 133 : 1-13.

Howari, F. M., B. R. Jordan, N. Bouhouchen dan Wyllie E. S. 2009. Field and Remote Sensing Assessment of Mangrove and Seagrass Beds in Northwestern Part of The United Arab Emirates. Journal of Coastal Research. Vol 25 (1) : 48-56. West Palm Beach (Florida), ISSN 0749-0208.

Saengar, P. 2002. Mangrove Ecology Silviculture and Conservation. Kluwer Academic Publisher. Dordrecht. 360p.

Tomlinson, P. B. 2004. The Botany of Mangrove. The Press Syndicate of the University of Cambridge The Pitt Building. New York. 419p.

No comments:

Post a Comment