Wednesday, August 24, 2016

FUNGSI EKOSISTEM MANGROVE

Ekosistem hutan mangrove memiliki beberapa fungsi fisik, ekologis dan ekonomis. Fungsi fisik dari ekosistem hutan mangrove di antaranya : pelindung garis pantai, pelindung dari badai, perangkap sedimen, penghasil nutrien, penjaga kualitas air, pendukung ekosistem lain,  penyedia air tanah,  penstabil iklim lokal (Saengar, 2002).
Dari fungsi ekologis, ekosistem hutan mangrove menyediakan detritus sebagai bahan makanan organik bagi rantai makanan, tempat hidup yang baik bagi organisme arboreal, intertidal dan subtidal. Sebagai tempat bersarang, berlindung serta mencari makan bagi spesies burung. Hutan mangrove menyediakan tempat pengasuhan yang aman bagi ikan, crustacea dan kerang-kerangan yang terpenting bagi komersialisasi dan penggerak industri perikanan. Ekosistem mangrove memiliki peran yang sangat penting dalam mendaur ulang nutrien serta menyeimbangkan massa nutrien di ekosistem estuari. Mangrove juga merupakan salah satu sumber rantai makanan bagi organisme arboreal dan organisme di sekitar pantai yang bersumber dari daun, kayu, akar dan material detritus (U.S. Fish and Wildlife Service, 2012).

Dalam bidang ekonomi, ekosistem mangrove dapat menghasilkan bahan baku pembuatan arang bakau, kayu bakar, bahan bangunan, bahan baku chip, tanin, bahan baku atap tradisional, obat-obatan, area industri perikanan serta sebagai area ekowisata yang mana dapat memberikan pemasukan jika dikelola dengan baik (Anwar dan Gunawan, 2007).
Referensi :

Anwar, C. dan H. Gunawan. 2007. Peranan Ekologis dan Sosial Ekonomi Hutan Mangrove dalam Mendukung Pembangunan Wilayah Pesisir. Prosiding Ekspose Hasil-hasil Penelitian Konservasi dan Rehabilitasi Sumberdaya Hutan Padang, 20 September 2008: 23-34. Bogor: Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam.

Saengar, P. 2002. Mangrove Ecology Silviculture and Conservation. Kluwer Academic Publisher. Dordrecht. 360p.

U.S. Fish and Wildlife Service. 2012. Mangrove : Multi-Species Recovery Plant for South Florida. http://www.fws.gov/ verobeach/ MSRPPDFs/ Mangroves.pdf. Diakses tanggal 8 Mei 2013 pukul 11.35 WIB.

No comments:

Post a Comment